Tuesday, 23 October 2012

Torchlight II - Buat yang mau main Diablo III versi free and awesome

Beberapa alasan dan fakta mengapa Torchlight II akan menjadi action-RPG terbaik yang ada saat ini. Betul sekali, termasuk Diablo III. (Dilansir dari PC Gamer Indonesia)





5. Detailed combat
Di samping pengimplementasian sistem damage elemental seperti dalam RPG lain, Torchlight II memiliki beberapa keunggulan. Bahkan dalam tahap beta sekalipun, AI-nya tampak cerdas. Beberapa musuh akan mencoba mundur ketika mereka sadar Anda memiliki kemampuan mematikan dan akan mencoba menyerang lagi saat rekan-rekannya datang membantu. Ada juga musuh yang men-summon minion tanpa henti untuk menyibukkan Anda. Contoh lain adalah bagaimana sistem shield/buckler/tameng musuh bekerja. Beberapa musuh tidak akan menerima damage fisik sebelum Anda menghancurkan tameng mereka, alternatifnya Anda dapat mem-bypass-nya dengan damage elemen (api, es) ataupun poison.




4. Vast class customization
Tiap kelas yang Anda gunakan membutuhkan taktik dan pemahaman tersendiri. Dari pengalaman kami saat beta-testing, Torchlight 2 menyajikan Anda empat kelas: Engineer mencoba memadukan teknologi steampunk dengan kemampuan full-armor sehingga kelas ini sangat cocok untuk berperan sebagai tank ala Paladin ber-mecha; Berserker adalah kombinasi Barbarian (seperti dalam Diablo) dan assassin, memberikan Anda kemampuan serangan brutal tanpa ampun; Embermage tentu saja magician, yang lucu adalah cara penggunaannya yang jauh lebih sederhana dibandingkan kelas lainnya; Outlander sangat mirip dengan Demon Hunter dalam Diablo III, cukup sulit dimainkan namun disajikan dengan pilihan persenjataan yang luas serta kemampuan mob control, dan hal inilah yang membuat Outlander menjadi favorit kami.

Tentu saja Anda juga memiliki opsi untuk mengutak-atik stat (terdiri dari strength, dexterity, focus, dan vitality), dan pemilihan stat ini yang akan mempengaruhi item dan persenjataan yang Anda kenakan. Kini Anda bisa membuat mage berbaju zirah paling konyol sekalipun.




3. More pet
Berbeda dengan A-RPG lain ketika kemampuan memiliki pet hanya dimiliki kelas tertentu, seri Torchlight malah menitikberatkan kemampuan pet. Pet sangat esensial dan bisa dimiliki oleh semua kelas – bahkan Anda tidak bisa bermain tanpa pet. Mereka bisa membantu Anda membawa barang-barang, menjual item tak berguna, membeli potion, sebagai sarana taktis untuk mengalihkan perhatian musuh, bahkan Anda bisa memberi mereka makanan agar bertransformasi menjadi makhluk lain untuk menggiling mob. Torchlight sebelumnya hanya memiliki dua jenis peliharaan, tapi kini Anda disajikan delapan jenis pet, dari mulai burung elang hingga anjing bulldog (kami tidak akan menyebutkan lebih detail agar tidak merusak kejutannya).




2. Randomized beauty
Seperti yang pernah dijanjikan, Torchlight 2 akan menyajikan bentang alam outdoor yang luas. Uniknya, dunia outdoor ini diintegrasikan dengan sistem random sehingga mampu memberikan Anda sebuah pengalaman berbeda tiap kali Anda menggunakan karakter baru. Dan fitur ini bukan hanya berpengaruh pada peta statis, namun juga seluruh isi dunia tempat Anda bermain: tempat spawn monster, treasure, pedesaan musuh, tempat pemancingan (haha!), hingga kejutan-kejutan lain.

Yang membuat kami kagum adalah bagaimana sistem puzzle diterapkan di dunia yang ter-randomized. Puzzle dalam Torchlight 2 bisa menjadi sangat menguras keringat dan otak, terkadang Anda harus mampu melihat tantangan secara keseluruhan sebelum mencoba menyelesaikannya.




1. More content, more support
Penjelasannya cukup sederhana, dengan harga yang sama seperti pendahulunya (US$ 20), Anda disajikan konten kira-kira 300% lebih banyak dari Torchlight pertama. Itu berarti Torchlight 2 juga memiliki konten lebih banyak dua kali lipat dibandingkan Diablo III, yang harganya (saat ini) masih tiga kali jauh lebih mahal.

Namun hal paling menggembirakan bukan hanya datang dari isi game ini saja: developer Runic Games benar-benar mendengarkan apa yang diinginkan para fans. Anda dapat menyaksikan betapa baiknya komunikasi antara developer dan fans dengan mengunjungi forumnya. Tanpa merusak kejutan yang akan mereka berikan pada fans, Runic Games benar-benar menyajikan informasi dengan transparan serta apa adanya. Mereka juga menjanjikan update konten atau DLC yang selalu disajikan gratis.

Satu hal terakhir yang paling penting adalah, berbeda dengan Diablo III, Runic Games dengan gamblang menyatakan bahwa Torchlight 2 akan mendukung penuh komunitas modder. Seperti pendahulunya, game ini juga akan dilengkapi dengan TorchED. Artinya, US$ 20 yang Anda keluarkan akan menemani Anda hingga beberapa tahun ke depan (atau setidaknya hingga komunitas modder Torchlight 2 tutup usia).




No comments:

Post a Comment

Post a Comment